Selasa, 05 Juli 2016

Tes Buta Warna - Secara Online Yang Sulit Huruf dan Angka

Tes Buta Warna - Buta warna merupakan salah satu jenis penyakit yang ditimbulkan karena adanya cacat atau kelainan didalam kerucut di retina, yang mengakibatkan mata tidak dapat menangkap sinar warna tertentu pada spektrum cahaya yang ditampilkan. Dalam banyak kasus yang terjadi, kebutaan warna ini juga dapat disebabkan oleh adanya faktor keturunan yang timbul pada mata  sejak lahir. Namun kebutaan ini juga dapat terjadi karena faktor usia seseorang, sakit atau cedera yang terjadi secara tidak diinginkan. Dalam hal medis dikatakan bahwa penyakit ini banyak dialami oleh kaum laki-laki, dan kaum perempuan jarang sekali yang mengidap penyakit ini.

Cara agar bisa diketahui dari seseorang yang telah mengidap penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan tes, salah satunya menggunakan Tes Buta Warna. Tentu pehamaman akan warna ini sangatlah penting, sebab untuk melamar suatu pekerjaan haruslah memiliki mata yang normal, jika tidak tentu akan menimbulkan masalah yang besar. Atau jika ingin masuk kesuatu perguruan tinggi yang mana nantinya akan diadakan tes dalam membedakan warna-warna tertentu secara dominan yang hasilnya akan menentukan diterima atau tidaknya masuk keperguruan tinggi tersebut.

Setelah mengetahui pengertian dari buta warna, alangkah baiknya sobat pahami dulu pembagian jenis penyakit buta warna ini, penyakit ini dibedakan menjadi 2 bagian. Diantaranya :

1. Buta Warna Total

Dalam buta warna total ini memungkinkan seseorang yang menderita buta warna ini tidak akan mampu membedakan warna apapun kecuali yang diketuhi hanya warna hitam dan butih.

2. Buta Warna Parsial

Dalam buta warna parsial ini, memungkinkan seseorang telah mulai kehilangan sel-sel warna pigmen pada sel mata retina. Yang dampaknya akan bisa menylitkan seseorang untuk mengetahui warna-warna tertentu. Buta warna parsial ini umumnya akan kesulitan membedakan warna merah dan hijau. Dan juga berlaku untuk warna lain, namun kasus ini tidak separah buta warna total.

Mengutip dari sumber bacaan lain, ternyata buta warna ini sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam jenis diantaranya :
  1. Protanomali adalah buta warna yang memiliki kelemahan pada penglihatan untuk warna merah saja.
  2. Deuteromali adalah kelemahan untuk melihat warna hijau.
  3. Tritanomali (low blue) adalah kelemahan mata dalam melihat warna biru.
  4. Monokromasi adalah buta warna seperti halnya buta warna total, sehingga yang ditimbulkan hanyalah tampak warna hitam dan putih saja.

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui seseorang yang menderita buta warna?

Cara ini menggunakan Tes Ishihara. Tes ini yang dipelopori oleh Dr. Shinobu Ishihara. Tes ini awal mulanya digunakan sejak tahun 1917 di Negara Jepang. Sejak tes itu berhasil, sampai sekarang masih juga digunakan. Tes Ishihara untuk menemukan buta warna ini terdiri dari sebuah kertas yang mana didalamnya terdapat berbagai ukuran bentuk titik-titik yang berbeda-beda. Titik-titik itu dibuat menyerupai lingkaran. Caranya diilakukan seperti itu sehingga orang yang menderita buta warna tidak akan dapat mengetahui adanya perbedaan seperti halnya seseorang yang punya mata normal. Nah untuk memastikannya silahkan melihat gambar dibawah ini untuk Tes Buta Warna.

Tes Buta Warna

Jawaban dari gambar di atas ( kiri ke kanan) berdasarkan dari buku yang penulis baca adalah :
45 - 6 - 56
5  - 25 - 29

NB : Jika sobat telah berhasil dalam menebak nomor yang terdapat dalam gambar di atas tidaklah menjamin sobat tidak buta warna. Sebab ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi penglihatan, salah satunya karena faktor layar yang sobat sekarang lihat adalah dengan cahaya yang cerah, coba sobat bisa melihatnya dengan cahaya yang lebih redup, dan untuk lebih bagusnya sobat bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter. Semoga artikel yang penulis tuliskan pada judul Tes Buta Warna dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.